16.4.09

Tip's tidur berkualitas


Tidur adalah kegiatan alamiah binatang dan manusia setelah seharian beraktivitas. Tidur merupakan salah satu dari gaya hidup sehat selain olah raga dan makan bergizi . 

Durasi tidur malam yang disarankan untuk dewasa 7-8 jam tapi ini kadang berbeda-beda tergantung kondisi tubuh dan umur. Untuk anak-anak durasi tidurnya lebih lama. 
Kegunaan tidur yaitu memperbaiki sel-sel tubuh, menyembuhkan luka, meningkatkan produksi sel darah putih, memperbaiki memori, memperbaiki fisik, mental dll.
Jika tidur kurang akan berpengaruh pada mood dalam bekerja, pergaulan, konsentrasi, stamina berolah raga, emosi, ngantuk sepanjang hari, tingkat kreativitas, kesabaran dll.


Tips tidur berkualitas
- Ciptakan lingkungan tidur yang nyaman seperti ruangan yang gelap, tenang, suhu udara dingin(16-18C).


 - Jadwal tidur yang tetap supaya tubuh mempunyai jam biologis yang teratur.


- Jangan tidur di sofa atau pindah-pindah tempat tidur.


- Jangan makan atau minum yang merangsang sebelum tidur seperti kopi, teh, rokok, coklat, cola.


- Olah raga 4 jam atau lebih sebelum tidur, dapat meningkatkan kualitas tidur.


- Mandi air hangat kira-kira satu setengah jam sebelum tidur.


- Berdoa sebelum tidur.


- Jangan makan makanan berat kurang dari 3 jam seb tidur, ini akan membebani pencernaan sewaktu kita beristirahat.


- Evaluasi penggunaan alas tidur dan bantal apakah sudah cukup nyaman dan dapat menyangga tubuh secara sempurna.


- Jika setelah berbaring 20 menit belum bisa tidur, bangkit dari tempat tidur baca buku, dengar musik yang menenangkan, nonton tv sampai ngantuk lalu coba tidur lagi.


- Tidak tidur siang, atau jika tidur siang harus sebelum 15:00 dan secukupnya kira-kira 1 jam atau kurang. Jika tidur siang terlalu lama menyebabkan rasa kantuk berkurang di malam hari. 

- Kurangi bahkan hilangkan keberadaan peralatan elektronik di dalam kamar supaya kamar tidur menjadi tempat hanya untuk istirahat.

- Menggunakan lampu yang tidak terlalu terang di kamar tidur. Lebih baik lagi menggunakan lampu kamar yang bisa diset tingkat keterangannya.

Tidak ada komentar: